Senin, 18 Januari 2016

Menggulung benang yuk!

Entah kenapa, setelah menyelesaikan satu rajutan apalagi yang atau kecil tapi banyak selalu bingung mau ngapain padahal rajutan yang mesti dikerjain masih bertumpuk. Rasanya males mau mulai lagi, kadang cuma buka laptop dan main-main aja, mungkin kehabisan energi ya tapi semakin kesini semakin lama waktu yang diperlukan untuk "isi ulang" energi :-(

Setelah bosan bengong aja, akhirnya bongkar-bongkar kotak benang dan nemu benang nilon yang masih teronggok dan gulungannya nggak karuan. "Wah kalo nggak digulung sekarang bisa kacau nih, semakin ruwet benangnya". Dengan pikiran itu akhirnya diputuskan menggulung benang aja deh daripada bengong.

Benang rajut ada dua macam, yang sudah siap pakai yang bisa dengan mudah ditemukan di penjual benang rajut online maupun offline. Yang satu adalah benang yang masih berupa gulungan lepas atau hank istilah kerennya yang harus digulung dulu supaya bisa dipakai tanpa menderita dan mendongkol karena dijamin akan ruwet benangnya :-D  

Ini tampilan benang yang perlu digulung alias si hank tadi


Kacau kan? :-D

Nah senjataku untuk melawan gulungan benang yang seperti itu nggak mahal kok, cukup kertas yang dilipat atau botol bekas parfum kecil atau spidol papan tulis, kursi atau apalah yang bisa dipake untuk meletakkan benang dan tangan. 
Kali ini aku pake botol parfum bekas aja, pengen tampilan benangnya kayak yang digulung pake alat khusus. 



Ada alatnya untuk menggulung benang? Kenapa nggak pake itu aja? Jawabannya cuma satu, mahal. Lagian alatnya juga digerakkan tangan dan nggak perlu nggulung benang dalam jumlah banyak.  Ini alatnya (gambar dari amazon.com)


















Lanjut yuk.

Gulungan benang tadi aku letakkan di kursi seperti ini, oya simpul pengikat benangnya dibuka dulu lho


Salah satu ujung benang diikat ke botol parfum tadi supaya tidak lepas saat digulung. Mulailah menggulung benang dengan arah diagonal satu arah saja, kalo aku dari atas kebawah.  Ini hasilnya setelah beberapa saat menggulung.


Dan ini hasilnya setelah semua benang tergulung.


Lepaskan dari botol dan tadaaaa.....


Inilah beberapa gulung yang sudah rapi. Ada satu yang beda ya? Itu kalo menggulung dengan cara biasa, benang diikat di kertas lalu digulung deh benangnya. Sama aja kok, yang penting bisa dipakai benangnya ;-)



Lumayanlah daripada bengong, benang rapi siap dipakai :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar